Cara Mengatasi Android Lag dan lambat

Cara Mengatasi Android Lag dan lambat, tentu dengan membaca beberapa tips yang akan kami berikan pada artikel ini, anda akan dapat mengurangi atau mengatasi masalah anda yang kebetulan saat ini smartphone kesayangan anda seringkali lag dan lambat.

Cara Mengatasi Android Lag dan lambat

Dalam masalah ini memang kerap kali terjadi untuk smartphone android hal ini dikarenakan user atau pengguna secara tidak sengaja menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. 

Memang inilah salah satu dari kehandalan dari sistem operasi android, hal yang demikian tentu tidak akan menjadi masalah kalau spesifikasi android anda mencukupi kalau smarphone android yang anda gunakan spesifikasi tidak mencukupi untuk melakukan multitasking maka hal tersebut dapat menyebabkan lag / hang bahkan menjadi lambat.

Saya juga seringkali seperti itu juga kok, karena saat ini saya memiliki beberapa android, yang paling sering hang atau lag adalah android yang hanya memiliki RAM 512MB. 

Pada saat bermain game atau juga browsing tiba-tiba saja langsung lag / hang yang menyebabkan smartphone tidak dapat lagi bergerak yang mengharuskan untuk melepas baterai karena gak mau nunggu lama. Bagi yang menggunakan RAM yang lebih besar pun tidak menutup kemungkinan juga bisa lag atau hang bahkan ponsel menjadi lebih lambat dari biasanya.

Tips Cara Mengatasi Android Lag dan lambat

Untuk sobat PusatCara.Com yang juga mengalami hal yang sama dengan permasalahan diatas berikut ada beberapa tips untuk mengatasi lag / hang di android. Namun sebelumnya bagi sobat yang belum sempat membaca tips pada artikel sebelumnya ada baiknya untuk mengunjunginya dengan judul "Cara Agar Handphone Android tidak Lemot"
  • Gunakan tips sama seperti artikel sebelumnya tentang "Cara Agar Handphone Android tidak Lemot", yakni : Gunakan Task Killer Manager, hapus aplikasi yang tidak terlalu penting, memory internal penuh, delete cache dan tutup aplikasi yang aktif di background.
  • Gunakan Aplikasi Social Media yang perlu saja. aplikasi sosial media seperti twitter, facebook, bbm, kakao talk, instagram, line dan lainnya, aplikasi sosial media tersebut sangat memberatkan hp android anda kalau dijalankan secara bersamaan, ada baiknya untuk menggunakan beberapa aplikasi sosial media saja yang sering digunakan untuk yang tidak sering digunakan sebaiknya dibuang.
  • Gunakan louncher yang Ringan.  Bagi yang menggunakan louncher pihak ketiga atau tidak menggunakan louncher yang bawaan, ada baiknya menggunakan louncher yang low memori sehingga tidak terlalu memberatkan hp android sobat.
  • Matikan fitur automatic update, nah hal ini juga terkadang agak mengganggu dan cukup menguras tenaga android anda sebaiknya matikan saja automatic update, selain menghemat penggunaan memori hal ini juga dapat menghemat penggunaan quota internet karena tidak mengupdate semua aplikasi yang sudah terpasang.
  • Gunakan Faktory Reset.  Kalau semua hal sudah tidak mampu untuk mengatasi permasalahan sobat jalan terakhir adalah menggunakan factory reset, hal ini berguna agar hp android sobat menjadi lebih fresh, namun sebelum melakukan faktory reset backup terlebih dahulu data-data di hp sobat karena nantinya semua data akan dihapus sama seperti pertama kali hp dibeli.  Untuk tutorial faktory reset bisa langsung tengok pada artikel "Cara Mengatasi Virus di Android"
Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa kasih komentar atau tambahan tips lainnya.  

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Android Lag dan lambat"